Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menguji pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Kewirausahaan. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jakarta dengan metode penelitian Eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XII berjumlah 40 orang siswa, dipilih berdasarkan teknik acak proporsional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar dan untuk motivasi belajar digunakan skala Model Likers. Instrumen hasil belajar Kewirausahaan divalidasi dengan menggunakan rumus Point Biserial dan reliabilitas dengan rumus KR-20. Instrumen motivasi belajar divalidasi dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan reliabitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel motivasi belajar sebesar r11 = 0,9704; dan untuk variabel hasil belajar Kewirausahaan sebesar r11 = 0,9476.