Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial dan budaya dalam
Hikayat Maharaja Garebag Jagat serta implikasinya terhadap pembelajaran
sastra di SMA. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai sosial dan budaya dalam
Hikayat Maharaja Garebag Jagat, sedangkan subfokus penelitian ini 1) jenisjenis
nilai sosial dan budaya 3) implikasi pembelajaran sastra di SMA. Adapun
variasi dari nilai sosial terbagi menjadi duayaitu nilai sosial asosiatif meliputi
kerjasama, akomodasi dan asimilasi, nilai sosial disasosiatif meliputi ; persaingan,
kontravensi dan pertentangan / konflik. Nilai budaya terbagi atas 7 komponen
yaitu ; bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan
teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi dan kesenian. Objek penelitian
ini adalah Hikayat Maharaja Garebag Jagat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi.
Data dianalisis dengan melihat nilai sosial dan budaya yang dilihat dari
kutipan-kutipan pada kalimat maupun paragraf dalam cerita. Berdasarkan hasil
analisis data, hasil penelitian terdapat 258 kutipan yang mengandung nilai sosial
dan budaya. Nilai Sosial Asosiatif terdapat ; Kerjasama sebanyak 11 kutipan,
Akomodasi sebanyak 12 kutipan, Asimilasi sebanyak 7 kutipan. Nilai Sosial
Disasosiatif terdapat kutipan ; Persaingan terdapat 1 kutipan, Kontrovensi
sebanyak 30 kutipan danPertentangan konflik sebanyak 55 kutipan. Nilai budaya
terdapat Bahasa sebanyak 88 kutipan, sistem pengetahuan tidak terdapat
kutipannya, organisasi sosial sebanyak 13 kutipan, sistem peralatan hidup dan
teknologi sebanyak 12 kutipan, sistem mata pencaharian hidup tidak terdapat
kutipan, sistem religi sebanyak 14 kutipan, dan kesenian tidak terdapat kutipan.
Pada nilai budaya, kutipan terbanyak pada nilai sosial pertentangan / konflik yaitu
sebanyak 55 kutipan.Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu
model apresiasi sastra dalam pembelajaran sastra di SMA agar peserta didik lebih
mengenal, dan memahami hikayat pada berbagai segi kehidupan sosial dan
budaya, yang terdapat dalam isi cerita pada masa itu. Hikayat membuat peserta
didik dapat menikmati, memanfaatkan, menghargai dan membanggakan karya
sastra khususnya sastra klasik.
|