Abstrak  Kembali
Permasalahan yang dijumpai berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen pada smartphone Samsung adalah munculnya pesaing-pesaing baru yang menggerus pangsa pasar yang akhirnya mempengaruhi penjualan smartphone dalam kurun waktu 2012 – 2013. Inovasi Produk dan Strategi Harga merupakan faktor yang dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap keputusan konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, strategi harga, terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling, dengan responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner (angket). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji t, Uji F, koefisien korelasi, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS for windows 22.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh inovasi produk dan strategi harga secara simultan terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung. Berdasarkan hasil uji parsial dapat dilihat bahwa Strategi harga dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi Strategi harga dan inovasi produk maka keputusan pembelian Smartphone Samsung akan semakin meningkat. Saran dalam penelitian ini adalah selalu menyasari strategi harga melalui dimensi keterjangkauan harga dan cara pembayaran dan inovasi produk terutama dimensi penambahan lini produk baru dan perbaikan produk yang telah ada. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat melakukan penelitian pada subyek yang berbeda dengan membatasi subyek yang membeli produk Smartphone Samsung satu kali atau hanya satu kali, atau dengan pengembangkan variabel bebas lainnya.