Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil evaluasi mengenai kedemokratisan kepala SMP Global Mandiri Cibubur dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pimpinan SMP Global Mandiri Cibubur berserta wakil bidang kurikulum dan kesiswaan, dan juga perwakilan guru, kepala TU, perwakilan siswa, dan perwakilan orang tua murid. Teknik analisis data yang digunakan adalah kategorisasi, perumusan teori, dan triangulasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedemokratisan dapat digunakan oleh pemimpin yang memiliki bawahan yang telah berpengalaman, sehingga tidak menyulitkan pimpinan dalam memimpin suatu organisasi, agar tujuan suatu program dapat dicapai. Implikasi dari penelitian ini mengenai kedemokratisan yang ada di SMP Global Mandiri Cibubur mampu untuk terus meningkatkan mutu sekolah tersebut. Mutu merupakan modal dasar untuk memikat calon peserta didik. Rekomendasi penelitian ini, diharapkan agar kedemokratisan ini dapat dilanjutkan di SMP Global Mandiri Cibubur. Selain itu juga dapat dijadikan referensi bagi sekolah-sekolah lain yang mempunyai keadaan serupa dengan SMP Global Mandiri Cibubur.