Abstrak  Kembali
ABSTRAK Margaretha Lowe. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Ketahanmalangan Penelitian Pada SMK Negeri Sanggau Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, 2012. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoeh informasi tentang pengaruh antara (1) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Ketahanmalangan, (2) Motivasi kerja guru dengan ketahanmalangan , (3) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru. Hipotesis yang diuji adalah (1) Apakah terdapat pengaruh positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Ketahanmalangan Guru, (2) apakah terdapat pengaruh positif antara Motivasi Kerja dengan Ketahanmalangan Guru, (3) apakah terdapat pengaruh positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Analisa Jalur ( Path Analysis) dan pengolahan data dengan teknik deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru-guru SMK Negeri orang guru.. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 guru. Untuk menjaring data variabel Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X?) Motivasi Kerja Guru (X?) dan Kertahanmalangan Guru (X?) dipergunakan instrument berupa angket dengan model skala Likert. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji coba instrument terhadap 30 orang guru. Keterandalan instrument dihitung dengan metode Alpha Cronbach, dengan hasil uji coba untuk variabel tersebut yaitu (a) Ketahanmalangan Guru diperoleh nilai reliabilitas r = 0,96 dan (b) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki nilai reliabilitas r = 0,77 serta Motivasi kerja memiliki nilai reliabilitas r = 0,80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrument dinyatakan sangat reliable, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama terdapat pengaruh positif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X?) terhadap Ketahanmalangan Guru(X?) dengan persamaan regresi terlihat ??= 9,871 + 0,916 ?1koefisien determinasi sebesar 0,5913 atau 34,96% dan koefisien korelasi (r??) sebesar 0,767 pada taraf ? = 0,05, kedua terdapat pengaruh positif Motivasi kerja (X?) terhadap ketahanmalangan Guru (X?) dengan persamaan regresi terlihat ?? = 6,36 + 0,915 ?2 koefisien determinasi sebesar 0,7534 atau 56,76% dan koefisien korelasi (r??) sebesar 0,853 pada taraf ? = 0,05, ketiga terdapat pengaruh positif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X?) terhadap Motivasi kerja(X?) dengan persamaan regresi terlihat ?2 = 3,630 + 0,915 ?1 koefisien determinasi sebesar 0,3624 atau 13,13% dan koefisien korelasi (r??) sebesar 0,602 pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan Ketahanmalangan Kerja guru untuk keberhasilan bagi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, melalui kontribusi yang sangat besar terhadap gaya kepemimpinan yaitu Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja yaitu berada di lingkungan sekolah. Berdasarkan realita yang penulis analisa bahwa disarankan kepada kepala sekolah agar dapat meningkatkan ketahanmalangan kerja bawahannya dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.