Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan menganalisis adanya pengaruh metode mengajar umpan balik evaluasi formatif dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar matematika dan dengan penyebaran angket kecerdasan emosional siswa. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji ANOVA dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil hipotesis dan anlisis data, disimpulkan bahwa : (1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberi umpan balik evaluasi formatif secara kelompok dengan yang diberi umpan balik evaluasi formatif secara individual yaitu Fhitung = 2,1< 4,08. (2) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran evaluasi formatif dengan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu Fhitung = 0,04 < 4,08. Secara umum disimpulkan bahwa metode umpan balik evaluasi formatif dan kecerdasan emosional siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.