Abstrak  Kembali
ABSTRAK Eny Safariah Aryani, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Profesionalitas Guru SMA Negeri se wilayah Tangerang Selatan. Tesis. : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh langsung: (1)Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap profesionalitas guru (X2), (2) Iklim organisasi sekolah (X2) terhadap profesionalitas guru (X3), (3) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah ( X1) terhadap iklim organisasi sekolah (X2). Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh positif langsung efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap profesionalitas guru (X3), (2) terdapat pengaruh positif langsung Iklim organisasi sekolah (X2) terhadap profesionalitas guru ( X3), (3) terdapat pengaruh positif langsung efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap iklim organisasi sekolah (X2). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di wilayah Tangerang Selatan, populasi terjangkau adalah Guru SMA Negeri di 8 sekolah di wilayah Tangerang Selatan, yaitu SMAN 2, SMAN 3, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 8, SMAN 9, SMAN 10, dan SMAN 11 yang berjumlah 295 guru. Sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 75 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert. Analisis validitas dan reliabilitas dalam penelitian dihitung dengan bantuan Software SPSS versi 18. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian persyaratan statistic meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Skewness, Kurtosis dan Kolmogorov- Smirnove dan pengujian homogenitas menggunakan uji probalitas signifikan. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linear, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap profesionalitas guru (3), dengan persamaan regresi linear ?3 = 66.27 + 0.5788 X1 dan koefisien korelasi r31 sebesar 0,617 dan koefisien determinasi sebesar 0.38, sehingga kontribusi variable X1 terhadap X3 (P31) sebesar 9.2% pada taraf ? = 0.05. Kedua, terdapat pengaruh langsung iklim organisasi sekolah (X2) terhadap profesionalitas guru (X3), dengan persamaan regresi linier ?3 = 17.87 + 0.888X2 dan koefisien korelasi (r32) sebesar 0.772 dan koefisien determinasi sebesar 0. 596 sehingga kontribusi variable X2 terhadap X3 (P32) sebesar 15.6% pada taraf ? = 0.05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap iklim organisasi sekolah (X2), dengan persamaan regresinya ?2 = 75.04 + 0.494X1 dan koefisien korelasi (r21) sebesar 0.450 dan koefisien determinasinya sebesar 0.203, sehingga kontribusi variable X1 terhadap X2 (P21) sebesar 20.3% pada taraf ? = 0.05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan profesionalitas guru karena hasil penelitian menunjukkan bahwan peningkatan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara signifikan mampu meningkatkan professionalitas guru.