Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh : (1) kompetensi dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa, (2) disiplin kerja dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa, dan (3) kompetensi dosen terhadap disiplin kerja dosen. Hipotesis yang diuji adalah: terdapat pengaruh langsung (1) kompetensi dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa, (2) disiplin kerja dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa, dan (3) kompetensi dosen terhadap disiplin kerja dosen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Muhammadiyah Palu Angkatan 2011-2013. Dan sampel penelitian berjumlah 70 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar mahasiswa (X3), kompetensi dosen (X1) dan disiplin kerja dosen (X2) adalah angket model Interval Tampak Setara dari Thurston. Validitas ketiga instrumen tersebut diuji menggunakan formula Product Moment, sedangkan Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Spearman Brown. Hasil uji coba untuk variabel motivasi belajar mahasiswa adalah sebesar ri = 0,983; hasil uji coba untuk variabel kompetensi dosen adalah sebesar ri = 0,968 dan hasil uji coba untuk variabel disiplin kerja dosen adalah sebesar ri = 0,967. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, linearitas, dan regresi sederhana serta uji analisis jalur.