Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian adalah mengetahui tentang (1) apakah guru Sekolah Dasar Negeri Cijantung 03 Pagi telah menggunakan pembelajaran responsif gender sebagai salah satu inovasinya; (2) bagaimana proses penyebaran (difusi) inovasi pembelajaran responsif gendeg di Sekolah Dasar Negeri Cijantung 03 Pagi; dan (3) bagaimanakah pelaksanaan inovasi pembelajaran responsif gender di Sekolah Dasar Negeri Cijantung 03 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Cijantung 03 Pagi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan (guru kelas, kepala sekolah, kepala Tata Usaha), dokumen (Silabus, RPP), tempat dan peristiwa (ruang kelas, perpustakaan, proses pembelajaran). Validitas data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis yang digunakan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) guru Sekolah Dasar Negeri Cijantung 03 Pagi telah menggunakan pembeljaraan responsif gender; (2) penyebaran inovasi pembelajaran yang ada di SDN Cijantung 03 Pagi menggunakan saluran komunikasi yang dilakukan secara rutin melalui rapat kordinasi bulanan sekolah, penggunaan media poster di sekolah, dan internalisasi melalui perilaku sehari – sehari baik dalam jam pembelajaran maupun di luar jam. Dengan adanya pembelajaran responsif gender, siswa memperoleh kewajiban dan hak yang sama dalam mengakses fasilitas dan berperan dalam proses pembelajaran. Suasana pembelajaran dan lingkungan sekolah yang responsif gender mendukung terjadinya kerjasama yang baik antara siswa, guru, kepala sekolah, dan petugas di lingkungan sekolah.