Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Al Azhar Asy Syarief Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Contect, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, pembimbing kegiatan ektrakurikuler, siswa, dan orang tua siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, display data, keputusan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Al Azhar Asy Syarief Indonesia berjalan dengan efektif dan serta sesuai dengan panduan yang terdapat di dalam berbagai kebijakan pemerintah. Efektivitas pelaksanaan pendidikan karakter di MIN Al Azhar Asy Syarief Indonesia semakin terlihat dengan sistem full day school yang dilaksanakan di sekolah ini, sebagai faktor pedukung; namum demikian ada pula beberapa faktor penghambatnya yaitu penggunaan gadget di rumah yang mengganggu kontinuitas pendidikan karakter di rumah, kondisi di rumah yang berbeda, serta potensi siswa sendiri yang memang kurang baik; upaya penguatan pendidikan karakter di MIN Al Azhar Asy Syarif Indonesia antara lain dengan keteladanan guru dan orang tua, budaya sekolah, pembiasaan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.