Tujuan penelitian evaluasi ini adalah untuk mengevaluasi apakah pendidikan
inklusif yang dilaksanakan SD Abdi Kasih Bangsa Kota Kupang telah memenuhi
Standar Nasional Pendidikan yang telah ditentukan. Pelaksanaan pendidikan yang dimaksud meliputi kebijakan penyelenggaraan pendidikan, tujuan pelaksanaan pendidikan inklusif, kurikulum, sarana prasarana, dan pelaksanaan pendidikan inklusif.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif evaluatif, Dengan
menggunakan model evaluasi CIPP (Context, input, Process, Product).dimana bertitik tolak pada evaluasi keberhasilan progran pendidikan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti : karakteristik peserta didik dan lingkungan, tujuan program dan peralatan yang digunakan, pada evaluasi contex meliputi aspek tujuan dari kebijakan pelaksanaan, dukungan pemerintah dan dukungan masyarakat. Evalusi input meliputi
aspek perekrutan penerimaan siswa, karakteristik siswa, pembiayaan penyelengggaan dan kurikulum. Evaluasi product meliputi metode pembelajaran, sarana prasarana, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, teknik belajar dan model layanan kelas.
Evaluasi proses meliputi aspek prestasi akademik anak berkebutuhan khusus, peran sekolah serta tantangan dan hambatan sekolah dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian mengarah pada subjek, yaitu anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SD Abdi kasih Bangsa yang digabungkan dengan anak normal ke dalam kelas reguler.Guna memperoleh sistem pembelajaran, teknik pembelajaran, model pembelajaran serta metode pembelajaran dan sarana prasana pendukung yang didesain
secara khusus oleh sekolah sendiri.
|