Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model
pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siwa terhadap hasil belajar
matematika pada SMP Al Khairiyah Jakarta tahun ajaran 2017/2018. Dengan
sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 30 siswa sebagai
sampel ujicoba instrument dan 60 siswa sebagai sampel penelitian kelas VIII.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen
dengan desain faktorial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
pemberian tes hasil belajar matematika dan dengan penyebaran angket
motivasi belajar siswa. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen
selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji
homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA dua arah dan uji
Tukey.
Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa :
(1) Hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang diberi model
pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi
dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran
Konvensional yaitu 4,48 = Fhit > F(0,05)tabel = 4,08. (2) Tidak terdapat
interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi belajar
terhadap hasil belajar matematika yaitu 0,198 = Fhit < F(0,05)tabel = 4,08.
Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil
belajar matematika siswa.
|