Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siwa terhadap hasil belajar matematika pada SMP Al Khairiyah Jakarta tahun ajaran 2017/2018. Dengan sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 30 siswa sebagai sampel ujicoba instrument dan 60 siswa sebagai sampel penelitian kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes hasil belajar matematika dan dengan penyebaran angket motivasi belajar siswa. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA dua arah dan uji Tukey. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan bahwa : (1) Hasil belajar matematika pada kelompok siswa yang diberi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi model pembelajaran Konvensional yaitu 4,48 = Fhit > F(0,05)tabel = 4,08. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika yaitu 0,198 = Fhit < F(0,05)tabel = 4,08. Secara umum, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.