Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kelas olahraga di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observsi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada para pimpinan SMP Muhammadiyah 22 Pamulang yang terbagi menjadi kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, koordinator program kelas olahraga dan para peserta didik. Bidang tersebut mengkaji berdasarkan model evaluasi CIPP yaitu; Context, Input, Proses, dan Produk. Kepala sekolah diwawancara mengenai konteks dari pelaksanaan program kelas olahraga. Wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan diwawancara mengenai input. Koordinator program kelas olahraga diwawancara mengenai proses. Para peserta didik diwawancara mengenai pencapaian/prestasi mereka baik dibidang akademik maupun dibidang non-akademik. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa program olahraga di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang dapat dilanjutkan , dengan catatan: 1). sarana olahraga yang kurang memadai harus diatasi dengan menjalin kerjasama dengan klub klub olahraga yang profesional guna menyediakan tempat latihan, 2). prestasi peserta didik dibidang olahraga dapat ditingkatkan dengan kegiatan latihan yang intensif dan lebih sering melakukan kegiatan sparing partner dengan sekolah lain, 3). Tata tertib peserta didik harus ditegaskan kembali guna membentuk kedisiplinan dan kekuatan mental peserta didik dalam meraih prestasi olahraga baik ditingkat nasional maupun internasional.