Abstrak  Kembali
ABSTRAK HUSIN. Pengaruh Keterampilan Manajeria lKepala Sekolah dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah PertamaNegeri di Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau. Hipotesis yang diuji adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru, 2) Terdapat pengaruh langsung Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru, 3) Terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Belitang dengan menggunakan metode survey. Total populasi 80 orang guru. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik acak sederhana. Uji validitas butir instrumen dilakukan dengan formulasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Hasil Uji coba diperoleh reliabilitas sebagai berikut: 1) Instrumen Motivasi Kerja Guru r11 = 0.992, 2) Instrumen Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah r11 = 0.949, 3) Instrumen Iklim Organisasi r11 = 0.970. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X1) terhadap Motivasi Kerja Guru (X3), dengan persamaan regresi X3 = 53.909 + 0.692 X1, koefisien korelasi r13 = 0.713, danp31 = 0.489. 2) Terdapat pengaruh langsung Iklim Organisasi (X2) terhadap Motivasi Kerja Guru(X3), dengan persamaan regresi 3 X = 73.890 + 0.568 X2 koefisien korelasi r23 = 0.661, danp32 = 0.341. 3) Terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X1) terhadap Iklim Organisasi(X2) dengan persamaan regresi 2 X = 43.815 + 0.742 X1, koefisien korelasi r12 = 0.656 dan p21 = 0.656. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, diharapkan akan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini.