Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Berpikir
Kritis dan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Argumentasi siswa
kelas X MA Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan September – Oktober 2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Al-Wathoniyah 43
Jakarta Utara berjumlah 62 siswa, pengambilan sampel dapat diambil secara acak
( random sampling) dari populasi. Sampel yang diambil hanya 30 orang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif koresional. Teknik pengumpulan
data dengan penyebaran pertanyaan, angket dan tes pada nilai keterampilan
menulis argumentasi. Data tersebut di analisis dengan menggunakan rumus
Product Moment, sehingga diperoleh hasil (ry1) rhitung 0,259 dan (ry2) rhitung 0,852
dengan taraf signifikan (a) 0,95. Uji signifikansi korelasi dilakukan uji-t khusus
untuk korelasi yang menghasilkan (ry1) thitung sebesar 14,68 dan (ry2) thitung 4,91.
Dalam tabel diketahui ttabel pada taraf signifikansi (a) 0,95 dengan derajat
kebebasan (dk) 28 adalah 1,70. Dapat terlihat hasilnya, diperoleh (ry1) thitung
sebesar 14,68 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan Hi diterima dan (ry2) thitung
sebesar 14,68 > ttabel 1,70 maka Ho ditolak sedangkan Hi diterima.
Berdasarkan kriteria tingkat korelasi di atas, di peroleh r hitung sebesar 0,259
yang berarti berada diantara 0,20 sampai 0,40 dengan demikian dapat dikatakan
bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MA Al- Wathoniyah 43
Jakarta Utara mempunyai hubungan yang rendah, karena kemampuan berpikir
kritis akan mempengaruhi keterampilan menulis argumentasi pada siswa.
Sedangkan tingkat korelasi di atas rhitung sebesar 0,852 yang berarti berada
diantara 0,70 sampai 0,90 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai minat
membaca siswa kelas X MA Al- Wathoniyah 43 Jakarta Utara mempunyai
hubungan yang kuat atau tinggi, karena minat membaca akan mempengaruhi
keterampilan menulis argumentasi pada siswa.
|