Abstrak  Kembali
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis laporan hasil observasi mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pakuan. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang dianggap paling sulit dibanding tiga keterampilan lainnya. Keterampilan menulis laporan hasil observasi menuntut penulis menyajikan data hasil pengamatan. Selain itu, penguasaan kosakata memengaruhi hasil belajar keterampilan menulis laporan hasil observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan rancangan desain 2x2. Populasi berjumlah 102 orang mahasiswa yang terbagi dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dua kelas yang terpilih masing-masing berjumlah 24 orang mahasiswa. Semester III-B sebagai kelas eksperimen (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dan semester III-C sebagai kelas kontrol (Model Pembelajaran Berbasis Konten). Setiap kelas terdiri dari dua kelompok, yaitu mahasiswa dengan tingkat penguasaan kosakata tinggi 12 orang dan mahasiswa dengan tingkat penguasaan kosakata rendah 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, yang terdiri dari tes penguasaan kosakata berbentuk pilihan ganda dan menulis laporan hasil observasi. Data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan bantuan program excel dan SPSS versi 17 meliputi Anova dan uji t. Sebelum dianalisis terlebih dulu dilakukan uji normalitas dengan teknik uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlet. Hasil analisis menunjukkan keempat hipotesis terbukti kebenarannya. Skor kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor kelas kontrol Fhitung (30.850) lebih besar dari Ftabel (2.82). Berdasarkan hasil output uji t skor postes kelas kontrol tidak sama dengan skor postes kelas eksperimen pada taraf nyata 5% dengan nilai Effect Size (ES) sebesar -1.79. Penguasaan kosakata tinggi, skor kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (13.461) lebih besar dari nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2.95). Penguasaan kosakata rendah, skor kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol nilai Fhitung (18.306) lebih besar dari nilai Ftabel (2.95). Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan penguasaan kosakata dengan hasil nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (30.850) lebih besar dari nilai 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2.82).