Abstrak  Kembali
ABSTRAK RAZALI, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie. Tesis, Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie. Hipotesis yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. (2) Terdapat pengaruh langsung Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. (3) Terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Iklim Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi targetnya adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie sebanyak 84 guru. Untuk menguji hipotesis tersebut menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Instrumen penelitian didasarkan valditas isi. Keandalannya dihitung menggunakan formula Alpha Crombach. Hasil uji coba instrument menunjukkan bahwa keandalan instrument kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie adalah 0,966 setelah pembuangan item yang tidak layak. Hasil uji coba instrument menunjukkan bahwa keandalan instrument kepemimpinan kepala sekolah adalah 0,982 setelah pembuangan item yang layak. Hasil uji coba instrument menunjukkan bahwa keandalan instrument iklim sekolah adalah 0,955 setelah pembuangan item yang tidak layak. Hasil uji coba dari ketiga instrument menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas berada dalam peringkat sangat tinggi yaitu berkisar antara 0,800 ? 1,000. Analisis data adalah rumus korelasi Pearson Product Moment dan regresi. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut : Pertama, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 5,928 + 0,876 X1dan koefisien korelasi 0,721 yang signifikan pada taraf a = 0.05. Kedua, terdapat pengaruh langsung iklim sekolah (X2) terhadap kinerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 45,289 + 0,870X2 dan koefisien korelasi 0,655 Yang signifikan pada taraf a = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap iklim sekolah (X2) dengan persamaan regresi X2 = 24,272 + 0,587X1 dan koefisien korelasi 0,643 yang signifikan pada taraf a = 0,05. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie di masa mendatang. Penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah dalam kondisi relative tinggi dan signifikan, di samping faktor-faktor lain.