Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara model pembalajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini dilakukan di SMA budhi Warman I jakarta Timur, kelas XI semester ganjil. Tahun ajaran 2017-2018. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran mind mapping adalah model pembelajaran keatif dalam menghasilkan sebuah ide atau gagasan yang ditungkan langsung di atas kertas dalam bentuk peta pikiran. Sedangkan picture and picture adalah model pembelajaran yang memanfatkan gambar sebagai media pembelajaran. Di samping itu peneliti juga ingin melihat bagaiman pengaruh motivasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Motivasi adalah pendorong yang menyebabkan terjadinya perubahan energi dalam diri seseorang Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2 x 2 . jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Masing-masing sampel terpilih 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel yang diambil adalah 27% dari siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 27% siswa yang memiliki motivasi rendah. Sehingga di dapat 16 orang siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 16 siswa yang memiliki motivasi rendah. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik