Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara
model pembalajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis cerpen.
Penelitian ini dilakukan di SMA budhi Warman I jakarta Timur, kelas XI
semester ganjil. Tahun ajaran 2017-2018.
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran mind
mapping dan model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran mind
mapping adalah model pembelajaran keatif dalam menghasilkan sebuah ide atau
gagasan yang ditungkan langsung di atas kertas dalam bentuk peta pikiran.
Sedangkan picture and picture adalah model pembelajaran yang memanfatkan
gambar sebagai media pembelajaran. Di samping itu peneliti juga ingin melihat
bagaiman pengaruh motivasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa.
Motivasi adalah pendorong yang menyebabkan terjadinya perubahan energi dalam
diri seseorang
Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan rancangan faktorial 2 x 2 .
jumlah sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dilakukan dengan teknik
multistage random sampling. Masing-masing sampel terpilih 30 siswa sebagai
kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel yang
diambil adalah 27% dari siswa yang memiliki motivasi tinggi dan 27% siswa yang
memiliki motivasi rendah. Sehingga di dapat 16 orang siswa yang memiliki
motivasi tinggi dan 16 siswa yang memiliki motivasi rendah. Untuk menganalisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik
|