Abstrak  Kembali
MUHAMMAD ROFI. Evaluasi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (Pada Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta Barat. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan.Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data yang telah penulis lakukan terkait implementasi pendidikan karakter melalui visi dan misi di MAN 17 Jakarta Barat dan telah terurai dalam bab sebelumnya, dalam tesis ini menunjukan tiga hal : 1) Perencanaan pendidikan karakter yang dibuat oleh MAN 17 Jakarta Barat adalah dengan melakukan muata kurikulum yang berintegrasi pendidikan karakter. Serta membuat buku pandun pengembangan akhlak,pengembangan kurikulum yang di dalami dengan pendidikan karakter, dengan memperbanyak kegatan pendidikan karakter peserta didik dalam berbagai kegiatan sekolah di antaranya yang bersifat kokurikuler dan ekstrakulikuler yang dapat menunjang secara langsung maupun tidak langsung terhadap tumbuh dan berkembangnya sikap-sikap positif dalam diri peserta didik.baik itu berupa kegiatan di bidang akademik, olah raga, maupun di bidang seni. 2) Dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui visi dan misi, MAN 17 Jakarta Barat selain melakukan proses pembelajaran yang berintegrasi. Pada Karakter juga melakukan kegiatan keagamaan (PHBI, pesantren kilat, malam iman bina dan taqwa). Kegiatan ekstrakulikuler yang diintegritaskan pada nilai-nilai karakter. 3) Faktor yang menghambat jalannya pendidikan karakter di MAN 17 Jakarta Barat adalah : pertama, keterbatasan waktu di sekolah. Sehingga kurangnya kontrol pada siswa di luar jam sekolah. Kedua, kerja sama antara sekolah dengan orang tua kurang begitu optimal. 4) Upaya sekolah dalam menjalankan pendidikan karakter di MAN 17 Jakarta Barat yaitu dengan penerapan keteladanan, pembiasaan siswa, pembudayaan dan peerapan disiplin,serta komitmen dan kerja sama secara strategis di antara warga sekolah dan dukungan orang tua dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan pendidikan karakter.