Abstrak  Kembali
ABSTRAK Abu Sufyan, Hubungan antara Kepemimpinan visioner kepala Madrasah dan Iingkungan kerja, dengan profesionalitas guru Madrasah negeri Rayon kota Tanjungpinang. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Tujuan penelitian untuk mengamati hubungan antara Kepemimpinan visioner kepala Madrasah dan Iingkungan kerja, dengan profesionalitas guru. Penelitian dilakukan di lingkungan Madrasah Negeri Rayon Tangungpinang dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan angket melalui pendekatan korelasional. Populasinya adalah seluruh guru madrasah negeri Rayon Tanjungpinang dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) Kepemimpinan visioner kepala Madrasah dengan profesionalitas guru, 2) Iingkungan kerja dengan profesionalitas guru, dan 3) Kepemimpinan visioner kepala Madrasah dan lingkungan kerja secara bersama-sama dengan profesionalitas guru . Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen profesionalitas guru memiliki reliabilitas rtt = 0,7529 Kepemimpinan visioner kepala Madrasah memiliki reliabilitas rtt = 0,7444, dan lingkungan kerja memiliki reliabilitas rtt = 0,6931. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kepemimpinan visioner kepala Madrasah (X1) dengan profesionalitas guru (Y) memperoleh persamaan regresi 'f = 69,508 + 0,581 Xl, koefisien korelasi ry1= 0,6483 dan uji signifikansi X1 dengan Y, to1= 6,198, dan kontribusi Xl terhadap Y R2y1 =42,026% pada taraf signifikansi a = 0,05, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan kerja (X1) dengan protesionalitas guru (Y) memperoleh persamaan regresi ? = 68,008 + 0,540X2 koefisien korelasi ry2 = 0,4771, dengan uji signifikansi X2 dengan Y, to2= 3,952, dan kontribusi X2 terhadap Y R2Y1 = 22,759% pada tarat signifikansi ? = 0,05 (3) terdapat hubungan positit yang signifikan Kepemimpinan visioner kepala Madrasah (X1) dan Iingkungan kerja (X2) secara bersama-sama dengan protesionalitas guru (Y) memperoleh persamaan regresi ganda ? = 52,784 + 0,499X1 + 0, 182X2 koefisien korelasi ry12 = 0,6616 dengan uji signifikansi X2 dengan Y, to12= 6,661, kontribusi Kepemimpinan visioner kepala Madrasah (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara bersama-sama dengan protesionalitas guru (Y), R2Y.12 = 43,772% pada tarat signifikansi ? = 0,05. Pada akhirnya hasil penilitian ini diharapkan dapat bermantaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk protesionalitas guru Madrasah Negeri Rayon Tanjungpinang.