Abstrak  Kembali
ABSTRAK HOSNI, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan lklim Organisasl. Sekolah terhadap Katnpetensi gum Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bintan Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarj~a Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Tujuan penelitian untuk mengamati pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah terhadap kompetensi guru. Penelitian dilakukan di lingkungan Diknas Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bintan Timur dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan angket dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh guru SMPN Kecamatan Bintan Timur dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: I) gaya kepernimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi guru 2) ikJim organisasi sekolah terhadap kompetensi guru, dan 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim organisasi sekolah . Uji eoba intrurnen untuk mendapatkan validitas butir pemyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Produet Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kompetensi guru memiliki reliabilitas rtt = 0,8049 gaya kepemimpinan kepala sekolah guru memiliki reliabilitas rtt = 0,8314, dan iklim organisasi sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,8526. Ramalan pengaruh dianalisis dengan rnenggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah guru (XI) terhadap kompetensi guru (X) memperoleh persamaan regresi X3 = -3,621 + 0,278 XI, koefisien korelasi r13 = 0,8036 dan koefisien pengaruh XI terhadap X3 P31 = 0,8631 pada taraf signifikansi ? = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan iklim organisasi sckolah (X2) terhadap kornpetensi guru (X3) memperoleh persemaan regresi X3 = 4,368 + 0,272 X2 koefisien kore1asi r23 = 0,5505, dengan koefisien pengaruh X1 terhadap X3 P32 =-0,0813, pada tarat' signifikansi ? = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah (XI) terhadap ikJim organisasi sekolah (X2) memperoleh persamaan regresi X2 = 54,418 + 0,512Xl koefisien korelasi ru = 0,7319 dengan koefisien pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah (Xi) terhadap ikJirn organisasi sekolah (X2) P21 = 0,7319 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Pada akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bennanfaat bagi dunia Pendidikan dan khususnya untuk kompetensi guru SMPN Kecamatan Bintan Timur.