Abstrak  Kembali
ABSTRAK SUDIONO, Pengaruh Kecerdasan emosional dan disiplin kerja, terhadap Motivasi kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bintan Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Tujuan penelitian untuk mengamati pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin kerja terhadap motivasi kerja guru. Penelitian dilakukan di lingkungan Diknas Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bintan Timur dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan angket dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh guru SMPN Kecamatan Bintan Timur dengan menggunakan teknikproporlional random sampling. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: I) kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja guru 2) disiplin kerja terhadap motivasi kerja guru, dan 3) kecerdasan emosional terhadap disiplin kerja guru. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen motivasi kerja guru memiliki reliabilitas rn = 0,781 kecerdasan emosional guru memiliki reliabilitas rn = 0,829, dan disiplin kerja guru memiliki reliabilitas rll = 0,834. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan kecerdasan emosional guru (Xj) terhadap motivasi kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 61,226 + 0,439 XI, koefisien korelasi r13 = 0,553 dan koefisien pengaruh XI terhadap X3 P31= 0,3647 pada taraf signifikansi a = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan disiplin kerja guru (Xj) terhadap motivasi kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 63,700 + 0,408 X2 koefisien korelasi r23 = 0,608, dengan koefisien pengaruh X, terhadap X3 P32 = 0,4585, pada taraf signifikansi a = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan emosional guru (XI) terhadap disiplin kerja guru (Xz) memperoleh persamaan regresi X2=73,903+0,486X 1 koefisien korelasi rl2 = 0,4099 dengan koefisien pengaruh kecerdasan emosional guru (XI! terhadap disiplin kerja guru (X2) P21 = 0,4099 pada tarafsignifikansi a = 0,05. Pada akhimya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk motivasi kerja guru SMPN Kecarnatan Bintan Timur.