Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program pembelajaran, prosedur penyelenggaraan, ketenagaan, sarana dan prasarana implementasi program Tamyiz MAN 7 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat, Komite sekolah dan Orang tua Siswa, koordinator program Tamyiz dan Guru Tamyiz, peserta didik MAN 7 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 7 Jakarta telah melaksanakan program Tamyiz dalam kurikulum pembelajaran yang dilaksanakan sehari dalam satu minggu. Tujuan dimasukkannya program Tamyiz di MAN 7 Jakarta adalah bagaimana para Siswa belajar untuk mengartikan Al-Qur‟an lebih mudah, tidak hanya pandai membacanya saja, akan tetapi bisa menerjemahkan dan paham apa yang dikandung di dalam Al-Qur‟an. Hasil yang diberikan oleh para Siswa adalah Siswa mampu menerjemahkan, menghafal dan memahami isi Al-Qur‟an dengan cara menerjemahkan ayat dari kata perkata yang menggunakan metode Nahwu dan Sharaf.