Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang Tahun 2017. Dengan mencari pengaruh antara pendidikan saat mulai bekerja, status kepegawaian, lama bekerja, penugasan ganda, pendidikan dan pelatihan, serta insentif perawat dengan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan ( Kepuasan, Motivasi dan retensi ) perawat di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang tahun 2017. Populasi Penelitian ini adalah seluruh perawat klinis yang bekerja di pelayanan karena perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Sampel diambil 192 perawat yang masuk ke dalam kriteria inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Kerangka teori yang digunakan untuk melihat perspektif pertumbuhan dan pembelajaran perawat adalah teori Robert S. Kaplan dan David P, Norton (1996). Ada 3 variabel dari variabel dependen perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perawat yang dilihat yaitu kepuasan, motivasi dan retensi.