Abstrak  Kembali
ABSTRAK Wawan Soleh Setiawan : Pengaruh Manajerial kepala sekolah dan Iklim Kerja terhadap profesionalitas guru di Islamic Junior High School se-Kabupaten Subang. Tesis Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajerial kepala sekolah dan iklim kerja terhadap profesionalitas guru di Islamic Junior High School se-Kabupaten Subang. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kabupaten Subang, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner. Populasi target dan populasi terjangkau adalah guru Islamic Junior High School di se-Kabupaten Subang , dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, Jumlah populasi 197 dan jumlah sampel 132 orang. Penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) Manajerial kepala sekolah terhadap profesionalitas guru 2) Iklim kerja terhadap profesionalitas guru 3) Manajerial kepala sekolah terhadap iklim kerja. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen profesionalitas guru memiliki reliabilitas rii 0,927 manajerial kepala sekolah memiliki reliabiltas rii = 0,91, dan iklim kerja memiliki reliabilitas rii = 0,937 Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: pertama terdapat pengaruh langsung positif manajerial kepala sekolah (X1) terhadap profesionalitas guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 11,840 + 0,978X1, koefisien korelasi r13 = 0,986 dan koefisien jalur P31 = 0,22 pada taraf signifikansi ? = 0,05, kedua terdapat pengaruh langsung positif iklim kerja (X2) terhadap profesionalitas guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 18,271 + 0,982X2 koefisien korelasi r23 = 0,996 dan koefisien jalur P32 = 0,777 pada taraf signifikansi ? = 0,05 ketiga terdapat pengaruh langsung positif manajerial kepala sekolah (X1) terhadap iklim krja (X2) dengan persamaan regresi X2 = -5,558+0,987X1, koefisien korelasi r12 = 0,982 dan koefisien jalur P21= 0,982 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa professionalitas guru meningkat apabila manajerial kepala sekolah efektif dan iklim kerja kondusif. Upaya mengefektifkan manajerial kepala sekolah dapat dilakukan melalui, perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan secara rutin, sedangkan upaya peningkatan iklim kerja dilakukan melalui, hubungan kepala sekolah dengan guru yang harmonis, kondisi kerja kondusif dan lingkungan fisik yang indah dan nyaman, sedangkan profesionalitas guru melalui, kinerja yang profesional. Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan kompetensi profesional guru Islamic Junior High School Subang se-Kabupaten Subang.