ABSTRAK SYAFINAR. ?Evaluasi Pengelolaan Buku Paket di Sekolah Menengah Atas Negeri 106 Jakarta?. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012 Tesis ini bertujuan untuk menilai proses pengelolaan buku paket , faktor yang mempengaruhi pengelolaannya dan dampak penggunaan buku paket terhadap pengguna jasa pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 106 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 106 Jakarta, dengan metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kualitatif dengan teknik menjaring data melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara mendalam. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pendistribusian buku paket ke peserta didik dan proses belajar mengajar di kelas XII IPA Sekolah Menengah Negeri Atas 106 Jakarta. Wawancara mendalam dilakukan terhadap kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, kepala perpustakaan, petugas perpustakaan, tiga orang guru mata pelajaran IPA, tiga orang tua peserta didik dan tiga peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 106 Jakarta. Dalam penelitian ini terdapat 3 pertanyaan penelitian , yaitu (1) Bagaimanakah deskripsi atau gambaran pengelolaan buku paket di SMAN 106 Jakarta ?. (2). Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pengelolaan buku paket di SMAN 106 Jakarta?. (3). Apa dampak dari pengelolaan buku paket terhadap pengguna jasa pendidikan di SMAN 106 ?. Berdasarkan observasi, studi dokumen dan wawancara mendalam dihasilkan evaluasi penelitian yang dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Proses pengelolaan buku paket sudah berjalan dengan baik, melalui penerapan prinsip- prinsip manajemen dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pembinaan, penilaian dan pengembangan. (2). Dalam pengelolaannya terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung antara lain ketersediaan buku, kebijakan kepala sekolah, loyalitas guru, keadaan ekonomi orang tua peserta didik. Faktor penghambat adalah materi dan keterbacaan buku paket, dedikasi guru mata pelajaran, tanggung jawab dan motivasi siswa, (3) Adapun dampak dari pengelolaan buku paket terdiri dari dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari penggunaan buku paket dapat meringankan biaya pendidikan yang harus ditanggung oleh orang tua peserta didik, kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien, mempermudah siswa memahami materi atau bahan ajar, dan membantu guru untuk menstandarkan pembelajaran, untuk kemudian dikembangkan melalui kreatifitas dan inovasi guru dalam kegiatan belajar mengajar. Dampak negatif mengakibatkan siswa seperti katak dalam tempurung dan mempersempit pandangan guru terhadap pembaharuan materi pelajaran. Dampak negatif tersebut dapat diatasi dengan adanya pelatihan-pelatihan tentang materi pelajaran dan mengembangkan model pembelajaran berbasis teknologi informatika dan komputer. Buku paket merupakan buku wajib dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Buku paket di Sekolah Menengah Atas Negeri 106 Jakarta bersifat dipinjamkan hal ini sedikit banyak mempengaruhi proses belajar peserta didik karena peserta didik tidak bisa memberi tanda pada materi yang dianggap penting dari buku tersebut sebab buku paket tidak boleh dicoret-coret. Mudah-mudahan ke depan buku paket tidak lagi dipinjamkan tetapi diberikan secara gratis oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Peneliti berharap agar penelitian ini dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan, dan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi guru mata pelajaran dalam mengembangkan bahan ajar dari buku paket sehingga dapat mengantarkan peserta didik menjadi insan yang berkualitas di masa yang akan datang.
|