Abstrak  Kembali
ABSTRAK Ahmad Juaeni. Pengaruh iklim kerja dan disiplin kerja guru terhadap efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah se Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Kasomalang Kabupaten Subang. Tesis Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklim kerja dan disiplin kerja guru terhadap efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah se Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Kasomalang. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner. Populasi target dan polpulasi terjangkau pada guru Madrasah Tsanawiyah se Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Kasomalang di wilayah Kabupaten Subang, dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Jumlah populasi 225 dan jumlah sampel 144 orang. Penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung antara: 1) Iklim kerja terhadap efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah 2) Disiplin kerja guru terhadap efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah 3) Iklim kerja terhadap disiplin kerja guru. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah memiliki reliabilitas rii = 0,920, Iklim kerja memiliki reliabilitas rii = 0,920, dan disiplin kerja guru memiliki reliabilitas rii = 0,935. Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana tunggal, hasilnya disimpulkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung signifikan Iklim kerja (X1) terhadap efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah (X3), memperoleh persamaan regresi X3 = 23,79 + 0,75 X1, koefisien korelasi r13 = 0,738 dan koefisien determinasi r2 31 = 0,544 pada taraf signifikansi ? = 0,05. kedua terdapat pengaruh langsung signifikan disiplin kerja guru (X2) terhadap efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah (X3), memperoleh persamaan regresi X3 = 33,103 + 0,65X2 koefisien korelasi r23 = 0,702 dan koefisien determinasi r2 32= 0,492 pada taraf signifikansi ? = 0,05 ketiga terdapat pengaruh langsung iklim kerja (X1) terhadap disiplin kerja guru (X2), dengan persamaan regresi X2 = -0,608 + 1,02 X1, koefisien korelasi r12 = 0,935 dan koefisien determinasi r2 12 = 0,874 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Berdasarkan hasil penemuan tersebut, disimpulkan bahwa efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah meningkat, apabila iklim kerja kondusif dan disiplin kerja guru tinggi. Upaya membentuk iklim kerja yang kondusif, maka dapat dilakukan melalui, efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah secara adil, sedangkan upaya peningkatan disiplin kerja guru dilakukan melalui iklim kerja. Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan efektivitas pengambilan keputusan madrasah tsanawiyah se Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Kasomalang di Kabupaten Subang, khususnya efektivitas pengambilan keputusan kepala madrasah tsanawiyah se Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Negeri Kasomalang di wilayah Kecamatan Kasomalang kabupaten Subang.