ABSTRAK DANI ALFIZAN. Hubungan Antara Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja Dengan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se kota Bekasi. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hubungan antara (1) disiplin kerja dengan kinerja guru, (2) kemampuan kerja dengan kinerja guru, dan (3) disiplin kerja dan kemampuan kerja dengan kinerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara disiplin kerja dengan kinerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara kemampuan kerja dengan kinerja guru, dan (3) terdapat hubungan positif antara disiplin kerja dan kemampuan kerja dengan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) SMK Negeri se Kota Bekasi yang berjumlah 192 orang. Jumlah sample penelitian sebanyak 70 orang dengan menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengambilan data untuk variabel disiplin kerja (X1) , kemampuan kerja (X2) dan kinerja guru (Y) menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis reliabilitas untuk variabel X1, X2 dan Y dihitung dengan rumus Alpha Cronbach, di mana nilai reliabilitas untuk variabel X1 sebesar ryi = 0,987, untuk variabel X2 sebesar ry2 = 0,983 dan untuk variabel Y sebesar r12 = 0,968. Data analisis dengan statistik deskriptif. Pengujian persyaratan statistic meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Barttlet. Hasil pengujian persyaratan statistic menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis meliputi pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis korelasi dan regresi linear ganda. Uji keberartian menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara disiplin kerja dengan kinerja guru, dengan persamaan regresi linier ? = 24,30 + 0,742 X1 dan kekuatan hubungan ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,987. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan kerja dengan kinerja Hubungan kedua variable ditunjukkan oleh persamaan regresi ? = 0,41 + 0,927 X2. Kekuatan hubungan ditunjukkan oleh koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,983. Ketiga, terdapat hubungan antara disiplin kerja dan kemampuan kerja dengan kinerja guru. Hubungan kedua variabel ditunjukkan oleh persamaan regresi ? = 11,569 + 0,422X1 + 0,414X2. Kekuatan hubungan ditunjukkan oleh koefisien korelasi ganda (Ry.12) sebesar 0,993. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan kinerja guru, mengingat hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan disiplin kerja dan kemampuan kerja secara signifikan mampu meningkatkan kinerja guru.
|