Abstrak  Kembali
ABSTRAK ATY SHOLEHATI. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang: (1) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dengan mutu layanan pendidikan, (2) pengaruh iklim organisasi dengan mutu layanan pendidikan, dan (3) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dengan iklim organisasi. Hipotesis yang diuji adalah: terdapat pengaruh langsung (1) kepemimpinan kepala madrasah dengan mutu layanan pendidikan, (2) iklim organisasi dengan mutu layanan pendidikan, (3) kepemimpinan kepala madrasah dengan iklim organisasi, Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis jalur. Sampel diambil dengan Rumus Slovin dari populasi sebanyak 172 guru diperoleh 120 sampel. Instrumen berupa angket dengan skala likert, teknik analisis yang digunakan adalah path analysis. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data mutu layanan pendidikan (X3), kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan iklim organisasi (X2) adalah angket model skala Lima. Validitas ketiga instrumen tersebut diuji menggunakan formula Product Moment, sedangkan Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kepemimpinan kepala madrasah adalah sebesar r11 = 0,902, hasil uji coba untuk variabel iklim organisasi adalah sebesar r11 = 0,905 dan hasil uji coba untuk variable mutu layanan pendidikan r11 = 0,926. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Pertama, Kepemimpinan kepala madrasah memberi pengaruh langsung terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 46,92 7% dan koefisien korelasi r13 0,989, koefisien determinasi 97,713 %. Kedua, Iklim organisasi memberi pengaruh langsung terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 20,43% dan koefisien korelasi r23 0,988, koefisien determinasi 97,693 %. Ketiga, Kepemimpinan kepala madrasah memberi pengaruh langsung terhadap mutu layanan pendidikan sebesar 97,81 % dan koefisien korelasi r12 0,989 yang signifikan.,koefisien determinasi 97,871 %. Berdasarkan temuan di atas maka direkomendasikan: (1) Bagi para kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi manajerialnya. (2) Bagi para anggota organisasi di lingkungan sekolah untuk membantu meningkatkan mutu layanan pendidikan sehingga seluruh guru merasa nyaman dalam melaksanakan tugas (3) Bagi seluruh komponen pendidikan agar meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi.