Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan peran kepala sekolah, peran wakil kepala sekolah bidang kurikulum, peran wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasaran, dan peran bendahara sekolah terhadap pelaksanaan manajemen Kurikulum 2013 di SMAN 3 Depok, sehingga Kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan baik yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013, dan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan model penelitian CIPP (Conteks, Input, Proces, dan Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaan Manajemen Kurikulum 2013, yaitu perencanaan manajemen, pelaksanaan manajemen, dan evaluasi manajemen yang dilakukan oleh pihak sekolah, yaitu Kepala Sekolah dan Para Wakil-wakil Kepala Sekolah khususnya wakil bidang kurikulum, sarana dan prasaran, dan bendahara sekolah. Tujuan dari pelaksanaan manajemen Kurikulum 2013 adalah untuk melakukan sosialisasi, pemantapan dan menetapkan Kurikulum 2013 di satuan pendidikan terhadap warga sekolah khususnya guru sebagai pelaksana harian proses pembelajaran yang harus menerapkan Kurikulum 2013, dengan menyusun program-program dalam bentuk pelatihan, seminar, dan workshop.