ABSTRAK Saiful Nirwan. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru SMAN kota Tangerang Selatan. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. 2011. Penelitian ini bertujuan (1) untuk membuktikan pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin kerja Guru di SMAN kota Tangerang Selatan (2) untuk membuktikan pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin kerja Guru di SMAN kota Tangerang Selatan (3) untuk membuktikan pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin kerja Guru di SMAN kota Tangerang Selatan. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja, (2) terdapat pengaruh positif antara motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru, (3) terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru terhadap disiplin kerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah guru-guru SMAN kota Tangerang Selatan sejumlah 213 guru. Prosedur pengambilan sample dengan menggunakan multistage random sampling. Instrument pengumpulan data untuk ketiga variable menggunakan angket. Pengujian validitas menggunakan korelasi Product Moment. Sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, diperoleh hasil sebagai berikut: variable X1 diperoleh hasil perhitungan reliabilitas instrument didapat nilai Alpha sebesar 0,951, Variabel X2 diperoleh hasil perhitungan reliabilitas instrument didapat nilai Alpha sebesar 0,945, sedangkan Variabel Y diperoleh hasil perhitungan realibilitas instrument didapat nilai Alpha sebesar 0,954. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif antara Kepemimpinan kepala Sekolah (X1) terhadap Disiplin Kerja Guru (Y) dengan persamaan regresi Y = 31,588 + 0,623 Dperoleh koefisien korelasi sebesar 0,693. (2) terdapat pengaruh positif antara Motivasi Kerja Guru (X2) terhapat Disiplin Kerja Guru (Y) dengan persamaan regresi Y = 20,782 + 0,761. Diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,787, (3) terdapat pengaruh positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dengan Motivasi Kerja (X2) terhadap Disiplin Kerja (Y) dengan persamaan regresi Y = 4,403 + 0,332X1 + 0,562X2. Diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,845. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi optimalisasi kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan motivasi kerja guru dan disiplin kerja guru pada SMAN kota Tangerang Selatan.
|