Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program Bahasa Indonesia bagi penutur asing di salah satu sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama yaitu Netherlands Inter-community School di Jakarta.
Metode yang digunakan dalam evaluasi ini adalah model evaluasi program context, input, process, dan product (CIPP). Data diperoleh melalui instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Wawancara dilakukan kepada Interim Educational Coordinator, guru-guru, komite sekolah, Human Resources Departement, Admission,Finance, siswa-siswa, dan orang tua.
Berdasarkan hasil evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa aspek konteks dalam program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing sudah jelas visi, misi, dan tujuannya. Untuk aspek input guru sudah memenuhi kriteria dari pemerintah begitu juga pembiayaan. Dalam hal sarana dan prasarana masih harus ditingkatkan. Aspek proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran sudah sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Aspek produk yaitu untuk tujuan berkomunikasi sudah terpenuhi tetapi masih perlu ditingkatkan hasil publikasi kreatifnya.
|