Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Menengah Kejuruan Bisnis Indonesia. Sebanyak 64 siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis Indonesia dipilih sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan tes kewirausahaan dan angket motivasi berprestasi dengan menggunakan Analisis Varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) F(oA)hitung < Ftabel atau Ho di terima. Dengan F(oA) hitung 2.29 > Ftabel 4,06 pada taraf signifikan α = 0,05 ; Ftabel 7.19 pada taraf signifikan α = 0,01. Dengan
demikian tidak terdapat perbedaan rata rata hasil belajar kewirausahaan antara siswa yang di ajar dengan pendekatan STAD dan pendekatan Ceramah. Hal ini menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. (2) F(oAB)hitung > Ftabel atau Ho
ditolak. Dengan F(oAB) hitung 11.04 > F tabel 4,06 pada taraf signifikan α = 0,05 ; F tabel 7.19 pada taraf signifikan α = 0,01. berarti ada pengaruh interaksi yang sangat signifikan antara faktor A (Pendekatan pembelajaran) dan faktor B (Motivasi berprestasi) atau pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar tergantung kepada motivasi berprestasi. Hal ini menunjukkan terdapat interaksi perbedaan yang sangat signifikan karena pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa secara
keseluruhan.
|