Abstrak  Kembali
ABSTRAK Elnui, Pengaruh Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru, terhadap profesionalitas guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Bintan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Tujuan penelitian untuk mengamati pengaruh Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru, terhadap profesionalitas guru. Penelitian dilakukan di lingkungan Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Bintan dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan angket melalui pendekatan korelasional. Populasinya adalah seluruh guru SMPN Kabupaten Bintan dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalitas guru, 2) disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru, dan 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Uji coba instrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen profesionalitas guru memiliki reliabilitas rtt = 0,781099 gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rtt=0,776316, dan disiplin kerja guru memiliki reliabilitas rtt = 0,870077. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap profesionalitas guru (X3) memperoleh persamaan regresi X?3=79,777+0,522X1, koefisien korelasi r13 = 0,6112 dan koefisiesien pengaruh p31=0,5251 pada taraf signifikansi ?= 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan disiplin kerja guru (X1) terhadap profesionalitas guru (X3) memperoleh persamaan regresi X?3 = 77,548 + 0,544 X2 koefisien korelasi r23 = 0,4327, dan koefisiesien pengaruh p32=0,1769 pada taraf signifikansi ? = 0,05 (3) terdapat hubungan positif yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap disiplin kerja guru (X2) memperoleh persamaan regresi X?2=95,807+0,331X1 koefisien korelasi r12 = 0,487 dan koefisiesien pengaruh p21=0,487 pada taraf signifikansi ?= 0,05. Pada akhirnya hasil penilitian ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan khususnya untuk profesionalitas guru SMPN Kabupaten Bintan.