Abstrak  Kembali
Abstrak Rr. Vemmi Kesuma Dewi. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja dengan Disiplin Keja Tutor Pendidikan Kesetaraan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Jakarta Pusat. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka, 2011. Pendidikan non formal khususnya pendidikan kesetaraan yang bermutu dan berkualitas tentunya akan menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mengoptimalkan potensi sumber daya lainnya. Kualitas pendidikan kesetaraan seringkali dipandang rendah, oleh karena itu peran tutor dalam pengelolaan komponen-komponen pengajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar, menjadi sangat penting. Tugas yang berat dari seorang tutor ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh tutor yang memiliki disiplin kerja yang tinggi. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi disiplin kerja, yaitu motivasi, gaya kepemimpinan, kompensasi dan sebagainya. Namun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah motivasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala PKBM. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan gaya kepemimpinan kepala PKBM dan motivasi kerja tutor disiplin kerja tutor Pendidikan Kesetaraan pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Jakarta Pusat. Metode penelitian ini adalah survei pendekatan korelasional. Bentuk penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Tutor Pendidikan Kesetaraan yang berjumlah 165 dari 16 PKBM yang ada di Jakarta Pusat . Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling) maka diperoleh sample sebanyak 84. Untuk menentukan sampel dari populasi dipergunakan Rumus Slovin. Instrumen yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan memiliki hubungan yang signifikan dengan disiplin kerja tutor pendidikan kesetaraan di PKBM Jakarta Pusat dengan thitung 7,33 > ttabel 1,68. Nilai koefisien korelasi ry1 sebesar 0,629 dengan koefisien determinasi 39,57% . (2) Motivasi kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan disiplin kerja tutor pendidikan kesetaraan di PKBM Jakarta Pusat dengan thitung 7,57 > ttabel 1,68. Nilai koefisien korelasi ry1 sebesar 0,641 dengan koefisien determinasi 41,13% . (3) Gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan disiplin kerja tutor pendidikan kesetaraan di PKBM Jakarta Pusat ditunjukkan oleh nilai Fhitung 46,86 > Ftabel 3,96 diperoleh koefisien korelasi ganda Ry12 0,732 dan nilai koefisien determinan 53,60%. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Tutor