Abstrak  Kembali
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data yang diperoleh dari hasil tes menulis artikel ilmiah siswa kelas XII, sebelum dan sesudah diberi tindakan. Sedangkan, analisis data kualitatif digunakan untuk data berupa hasil observasi lapangan, catatan lapangan, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dampak positif dari pembelajaran yang menggunakan teknik Hypnoteaching dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah. Proses pembelajaran terasa lebih aktif, inovatif, bersemangat, bermakna dan menyenangkan. Sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata menulis artikel ilmiah sebesar 56,66. Pada siklus 1, nilai rata-rata yang dicapai siswa sebesar 62,70, namun nilai tersebut belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75,00. Pada siklus 2 sudah mencapai nilai rata-rata yaitu 76,26, yang menunjukkan telah tercapainya nilai KKM. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pembelajaran yang menggunakan teknik Hypnoteaching dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis artikel ilmiah. Teknik Hypnoteaching ini dapat dijadikan inovasi bagi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis artikel ilmiah.