Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan pengetahuan, sedangkan tujuan khususnya adalah mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program tahfiz, prosedur penyelenggaraan, ketenagaan,sarana prasarana, proses pembelajaran, hasil dan dampak pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an di sekolah Dasar Islam Terpadu Alkiyan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process Product). Pemgumpulan data dilakukan melalui observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari Kepala Sekolah SDIT Alkiyan Jakarta Selatan, Wakil Kurikulum, Koordinator Tahfiz, Guru Tahfiz dan 3 peserta didik (paling bagus hapalannya, menengah hapalannya, dan paling sedikit hapalannya) orang tua siswa, Komite Sekolah (tokoh masyarakat). Teknik analisis data dengan reduksi data (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kesesuaian konteks yang meliputi landasan filosofis, visi misi dan tujuan sekolah serta urgensitas program tahfiz, dalam kategori sangat baik (2) Kesesuaian input dengan standar input yang meliputi kepemimpinan kepala sekolah, kurikulum program tahfiz, rekrutmen peserta didik, karakteristik tenaga pendidik dan kependidikan, sarana prasarana, pembiayaan, hubungan masyarakat (komite)dalam kategori baik. (3) Kesesuaian proses dengan proses belajar mengajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam kategori baik. (4) Kesesuaian produk dengan standar prestasi akademik dan non akademik dalam kategori sangat baik. Kelebihan dari program tahfiz Al-Quran SDIT Alkiyan adalah kebijakan-kebijakan program dan komitmen dalam melaksanakannya dalam upaya menciptakan generasi Robbani yang mencintai Al-Qur’an dan berakhlak Qur’ani.