ABSTRAK POLTAK LUMBAN GAOL: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Efektivitas Kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Sanggau :Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA, JAKARTA, 2012 Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Kabupaten Sanggau yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah tehadap Efektivitas Kerja Guru, seberapa besar pengaruh Peran Komite sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru maupun seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peran Komite Sekolah Hipotesis penelitian yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh positif Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru, (2) terdapat pengaruh positif Peran Komite Sekolah terhadap Efektivitas Kerja Guru, (3) terdapat pengaruh positif Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peran Komite Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Analisa Jalur ( Path Analysis) dan pengolahan data dengan teknik deskriptif analisis.Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri yang pegawai negeri sipil se Kabupaten Sanggau sebanyak 204 orang dari 16 Sekolah Menengah Atas Negeri, secara fokus dipilih 5 SMA Negeri sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang guru.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Komite sekolah dan Efektivitas Kerja Guru adalah angket model skala Likert. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji coba instrument terhadap 30 orang guru. Keterandalan instrument dihitung dengan metode Alpha Cronbach, dengan hasil uji coba untuk variabel tersebut yaitu (a) Efektivitas Kerja Guru diperoleh nilai reliabilitas r = 0,945 dan (b) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki nilai reliabilitas r = 0,944 dan Peran Komite Sekolah memliki nilai reliabilitas 0,970. Sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrument dinyatakan sangat reliable, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama terdapat pengaruh positif Kepemimpinan Kepala Sekolah (X?) terhadap Efektivitas Kerja Guru(X?) dengan persamaan regresi terlihat?=45,938+0,573? koefisien determinasi sebesar 0,3025 atau 30,25% dan koefisien korelasi (r??) sebesar 0,555 pada taraf ? = 0,05, kedua terdapat pengaruh positif Peran Komite Sekolah(X?) terhadap Efektivitas kerja Guru (X?) dengan persamaan regresi terlihat ? =+ 0,6168 koefisien determinasi sebesar 0,3578 atau 35,78% dan koefisien korelasi (r??) sebesar 0,598 pada taraf ? = 0,05, ketiga terdapat pengaruh positif Kepemimpinan Kepala Sekolah (X?) terhadap Peran Komite Sekolah(X?) dengan persamaan regresi terlihat ? =+ 0,6432 ? koefisien determinasi sebesar 0,4120 atau 41,20% dan koefisien korelasi (r??) sebesar 0,6419 pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan Efektivitas Kerja guru untuk keberhasilan bagi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, melalui kontribusi yang sangat besar terhadap model kepemimpinan yaitu pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah yaitu berada di lingkungan sekolah. Berdasarkan realita yang penulis analisa bahwa disarankan kepada kepala sekolah agar dapat meningkatkan Efektivitas kerja bawahannya dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.
|