Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan program tingkat dasar yang dilaksanakan di SD Jakarta Multicultural School menggunakan model evaluasi CIPP. Metode yang digunakan adalah metode penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif yaitu data dikumpulkan secara mendalam dengan observasi, meneliti dokumentasi, dan memberikan kuesioner kepada beberapa responden. Penelitian evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa pada evaluasi konteks semua komponen sudah cukup baik. Baik komponen visi, misi dan relevansi terhadap kebutuhan orang tua terhubung dengan baik sekaligus terpenuhi. Kemudian untuk evaluasi input, sarana dan prasarana, sekaligus kapasitas guru telah terpenuhi dengan baik dan turut mendukung proses pembelajaran. Namun demikian, guru perlu meningkatkan keterampilan dalam menjalankan program dengan lebih banyak mengikuti pelatihan. Evaluasi proses sudah berjalan dengan baik, namun peningkatan pengawasan dari Kepala Sekolah dan Koordinator program perlu ditingkatkan agar guru mata pelajaran khusus bisa meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar mengajar di kelas. Dan evaluasi produk menghasilkan akademik dan non akademik yang sangat baik. Produk akademik merupakan peningkatan dalam pembelajaran terutama prestasi belajar siswa dan non akademik merupakan peningkatan dalam sikap dan soft skill nya. Kedua hal ini telah memenuhi tingkat kepuasan orang tua terhadap hasil belajar putra putrinya.