Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mengevaluasi implementasi program literasi sekolah yang terdiri dari : 1). Perencanaan program Literasi, 2).Pelaksanaan Program Literasi, 3). Pengawasan dan Evaluasi, 4). Kepemimpinan Sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model CIPP ( Contex, Input, Procces, Product ). Pendekatan yang digunakan dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil evaluasi ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SMK Negeri 18 Jakarta sebagian besar sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah terlebih dengan dilaksanakan kegiatan literasi siswa mampu dan bisa meningkatkan prestasinya baik secara akademik berupa terpilihnya SMKN 18 Jakarta Sebagai 10 besar nilai terbaik dalam pelaksanaan Ujian Nasional DKI Jakarta serta banyaknya prestasi yang diperoleh secara non akademik seperti mendapatkan Juara 3 Iklan Layanan Masyarakat tingkat nasional. Aspek yang belum memenuhi adalah keberlanjutan kegiatan ketingkat yang lebih tinggi. Penelitian evaluasi ini merekomendasikan kepada semua pihak yang terkait agar melaksanakan gerakan literasi sekolah yang ada dengan sebaik-baiknnya tanpa ada kekuruangan dan hasil dari pelaskanaan gerakan literasi sesuai dengan harapan.