Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi program Diklat Prajabatan yang telah diadakan di Pusdiklat Kemdikbud, yang pada pelaksanaannya mengalami format perubahan sejak tahun 2015. Evaluasi program dilakukan pada Diklat Prajabatan di Pusdiklat Kemdikbud, dengan peserta CPNS Golongan III, panitia penyelenggara, serta widyaiswara sebagai responden dalam pengambilan data. Model evaluasi yang digunakan adalah model Kirkpatrick yang meliputi tahap: 1). Reaksi, 2). Pembelajaran, 3). Perilaku Kerja, dan 4). Dampak. Teknik analisis data meliputi: (1) Reduksi data (data reduction), (2) Sajian data (daya display), dan (3) Penarikan kesimpulan, verifikasi dan interpretasi data. Evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif merupakan prosedur evaluasi yang menghasilkan data deskriptif berupa narasi kata-kata tertulis atau lisan dari fakta yang diamati. Temuan evaluasi pada semua tahap mulai dari reaksi sampai dampak, masuk dalam kategori baik, Sedangkan implikasi dari evaluasi antara lain: 1). Evaluasi
program ini mendukung penguatan Diklat dalam hal pelaksanaan kurikulum, pengajar atau Widyaiswara dan tingkat kepuasan peserta terutama pada pelayanan lembaga Diklat baik ruang kelas, asrama maupun sarana pendukung lainnya, 2). Durasi, jumlah jam pelajaran yang berbeda dari Diklat-diklat Prajabatan golongan III sebelumnya
merupakan perubahan yang dimaksudkan untuk perbaikan, 3) Terlalu banyaknya jam pelajaran yang harus diselesaikan dibanding diklat-diklat sebelumnya, 4) Pelibatan unsur pimpinan di unit kerja peserta Diklat dapat dikatakan sesuatu yang baru pada format Diklat kali ini.
|