ABSTRAK AKHMAD SARJANA, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Implementasi Total Quality Management (TQM) terhadap Iklim Organisasi pada SMA Negeri sekecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tesis, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2011. Tujuan tesis ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Implementasi Total Quality Management (TQM) terhadap Iklim Organisasi di SMA Negeri se kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah NTB. Hipotesis yang diuji adalah : 1) Terdapat pengaruh langsung Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi, 2) Terdapat pengaruh langsung Implementasi Total Quality Management (TQM) terhadap Iklim Organisasi, 3) Terdapat pengaruh langsung Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Implementasi Total Quality Management TQM. Penelitian dilakukan di kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah dengan menggunakan metode survey dengan teknik analisis jalur. Total polulasi sebanyak 82 orang guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhahna. Uji validitas butir instrument dilakukan dengan formula Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk reliabilitas diperoleh: instrument Implementasi Total Quality Management (TQM) r11 = 1.02772. Instrumen Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah r11 = 1.02776. Instrumen Iklim Organisasi r11 = 1.02778. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Iklim Organisasi (X3), dengan persamaan regresi X3 = 14.096 + 0.858 X1, dengan persamaan koefisien korelasi r13 = 0.090 dan p31 = 0.079. 2) Terdapat pengaruh langsung Implementasi Total Quality Management (TQM) (X2) terhadap Iklim Organisasi (X3), dengan persamaan regresi X3 = 107.962 + 0.031 X2, dengan koefisien korelasi r23 = 0.082 dan p32 = 0.069. 3) Terdapat pengaruh langsung Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Iklim Organisasi (X2). Persamaan regresi X2 = 26.82 + 2.296 X1 dengan persamaan koefisien korelasi r12 = 0.164 dan p21 = 0.164 Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan konstribusi positif sebagai acuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan mempertimbangkan kesimpulan penelitian ini.
|