Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi, dengan
pendekatan deskriftif kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui manajemen berbasis sekolah, maka jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian formatif. Metode penelitian ini menurut penulis secara konsisten dan objektif dalam menyampaikan ide, gagasan, pendapat, sikap, dan perilakunya sehingga didapat data
yang objektif yang mampu memberikan makna tentang fenomena yang dilihat. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu berusaha untuk mengungkap masalah yang terjadi pada masa sekarang. Sedangkan untuk model evaluasi penulis menggunakan evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dan gabungan ketiganya dilakukan dalam kurun waktu yang bersamaan. Evaluasi implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 01 Pagi Kapuk Muara Penjaringan Jakarta Utara adalah untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan dengan menerapkan sistem manajemen sekolah yang diarahkan pada meningkatkan mutu
pendidikan, secara otonomi direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan, serta dievaluasi yang melibatkan seluruh komponen dan stakeholders sekolah. Implikasi dari temuan penelitian mencakup pada dua hal, yakni implikasi teoritis dan praktis. Implikasi teoritis berhubungan dengan kontribusinya bagi perkembangan teori-teori
manajemen dan implikasi praktis berkaitan dengan kontribusinya temuan penelitian terhadap penguatan implementasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
|