Tesis ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan manajemen
pendidikan inklusif di SDN Pekayon 15 Pagi Jakarta Timur, yang diharapkan setlah
mendapatkan hasil penelitian ada manfaat demi memperbaiki pelaksanaan manajemen
pendidikan inklusif di SDN Pekayon 15 Pagi untuk memperbaiki selanjutnya
pelaksanaan pendidikan inklusif benar-benar dapat terlaksana dengan baik.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan
mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur, dan dokumentasi. Informasi ini didapat dari informan warga sekolah dan triangulasi data. Akan berdampak postif dan signifikan terhadap pelaksanaan manajemen pendidikan inklusif di SDN Pekayon 15 Pagi dimana
pemerintah menunjang sepenuhnya kebutuhan-kebutuhan sekolah SDN Pekayon 15
Pagi.
Berdasarkan hasil penelitian evaluasi ini dengan menggunakan analisis CIPP
diketahui pelaksanaan manajemen pendidikan inklusif di SDN Pekayon 15 Pagi Jakarta
Timur belum terlaksana dengan baik yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah terlihat dari manajemen sekolah inklusi yang masih belum terlaksana pada manajemen kurikulum dan manajemen tenaga pendidikan dan kependidikan.
|