Abstrak  Kembali
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) profesionalitas guru yang diukur oleh kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan dan berkontribusi secara langsung terhadap naik dan turunnya profesionalitas guru terlihat dari persamaan regresi. = 68,700 + 0,599 X1. Untuk nilai sumbangan kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap profesionalitas guru 53,6%. Dengan demikian kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara nyata memberikan kontribusi langsung terhadap profesionalitas guru yang artinya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam memimpin dan mengarahkan para guru di sekolah berhubungan dengan profesionalitas guru dan berkontribusi secara langsung, (2) budaya organisasi yang diukur oleh profesionalitas guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya profesionalitas guru. Dengan persamaan regresi = 69,653 + 0,592 X2. Sedangkan sumbangan budaya organisasi terhadap profesionalitas guru sebesar 29,8%. Dengan demikian budaya organisasi secara nyata memberikan kontribusi terhadap profesionalitas guru. (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang diukur oleh budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap tinggi rendahnya budaya organisasi. Dengan persamaan regresi = 53,768 + 0,427 X1. Sedangkan sumbangan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap budaya organisasi sebesar 38,5%. Dengan demikian kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara nyata memberikan kontribusi terhadap budaya organisasi dalam arti kepala sekolah yang memiliki perhatian tinggi bagus dapat memberikan dampak terhadap budaya organisasi yang baik di sekolah.