ABSTRAK AGUSTIAWAN, Pengaruh Perencanaan program sekolah dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, terhadap Efektivitas pengelolaan organisasi sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bintan Timur. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Tujuan penelitian untuk mengamati pengaruh perencanaan program sekolah dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektivitas pengelolaan organisasi sekolah. Penelitian dilakukan di Iingkungan Diknas Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bintan Timur dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan angket dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh guru SMPN Kecamatan Bintan Timur dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: I) perencanaan program sekolah terhadap efektivitas pengelolaan organisasi sekolah 2) ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan terhadap efektivitas pengelolaan organisasi sekolah, dan 3) perencanaan program sekolah terhadap ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan. Uji coba intrurnen untuk mendapatkan validitas butir pemyataan dan dan reliabilitas instrurnen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrurnen efektivitas pengelolaan organisasi sekolah merniliki reliabilitas rtl=0,8943 perencanaan program sekolah guru memiliki reliabilitas rtl = 0,8807, dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan guru memiliki reliabilitas rtl = 0,7283. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggaI sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: I) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan perencanaan program sekolah guru (XI) terhadap efektivitas pengelolaan organisasi sekolah (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 54,601 + 0,458 XI, koefisien korelasi 1\)= 0,4955 dan koefisien pengaruh XI terhadap X3 P31= 0,3504 pada taraf signifikansi ? = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan guru (XI) terhadap efektivitas pengelolaan organisasi sekolah (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 61,309 + 0,380 X2 koefisien korelasi r23 = 0,4532, dengan koefisien pengaruh XI terhadap X3 P32 = 0,2151, pada taraf signifikansi n = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan perencanaan program sekolah guru (XI) terhadap ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan guru (X2) memperoleh persamaan regresi X2 = 35,056+0,747XI koefisien korelasi r\2 = 0,6797 dengan koefisien pengaruh perencanaan program sekolah (Xj) terhadap ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan guru (X2)PzI = 0,6797 pada taraf signifikansi ? = 0,05.
|