Tesis ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme dan prosedur penilaian ruang lingkup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan laporan pada implementasi standar penilaian kurikulum 2013 dalam pembelajaran biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kota Depok Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kondisi alamiah mekanisme dan prosedur penilaian ruang
lingkup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam hal perencanaan,
pelaksanaan, dan laporan pada implementasi standar penilaian kurikulum 2013 dalam pembelajaran biologi SMA diterapkan. Data alamiah didapatkan dengan teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap deskripsi, reduksi dan seleksi. Wawancara dilakukan kepada unsur pimpinan, guru biologi, dan siswa SMA Negeri 3 Depok. Dokumentasi diperoleh dari catatan-catatan penting yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik analisa data menggunakan model analisis interaktif (interactive model) menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Keseluruhan hasil penelitian ini menemukan bahwa mekanisme dan
prosedur penilaian ruang lingkup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan laporan berdasarkan kriteria pada implementasi standar penilaian kurikulum 2013 dalam pembelajaran biologi SMA belum seluruhnya terimplementasi.
|