ABSTRAK ACHMAD ROSIDI, ?Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Produktivitas Sekolah SMK Teknologi Dan Informasi Swasta Di Wilayah Jakarta Selatan?. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap produktivitas sekolah SMK teknologi dan informasi swasta di wilayah jakarta selatan. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMK teknologi dan informasi swasta diwilayah Jakarta Selatan. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah SMK teknologi dan informasi swasta diwilayah Jakarta Selatan. Sedangkan sampel penelitian adalah para guru pada 3 sekolah SMK teknologi dan informasi swasta diwilayah Jakarta Selatan dengan jumlah responden sebanyak 89 orang yang dipilih secara random sampling. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung antara: 1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas sekolah, 2) kinerja guru terhadap produktivitas sekolah, 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Uji coba instrumen untuk validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrument digunakan Pearson Pruduct Moment dan Alpha Cronbach. Hasil uji coba instrument produktivitas sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,9366, gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,9778, dan kinerja guru memiliki reliabilitas rtt = 0,9818. Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana tunggal. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap produktivitas sekolah (X3) memperolah persamaan regresi X3 = 87,304 + 0,19 X1 koefisien korelasi r31 dan koefisien determinasi (r31)2 = 7,84% pada taraf signifikansi ? = 0,05 dan koefisien pengaruh p31 = 0,173, 2) terdapat pengaruh langsung positif kinerja guru (X2) terhadap produktivitas sekolah (X3) memperolah persamaan regresi X3 = 82,861 + 0,215 X2 koefisien korelasi r32 dan koefisien determinasi (r32)2 = 5,06% pada taraf signifikansi ? = 0,05 dan koefisien pengaruh p32 = 0,243, 3) terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X2) memperolah persamaan regresi 2 X? = 122,657 + 0,152 X1 koefisien korelasi r21 dan koefisien determinasi (r21)2 = 4,58% pada taraf signifikansi ? = 0,05 dan koefisien pengaruh p21 = 0, 214. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi dunia pendidikan dan dapat meningkatkan kemandirian guru sekolah SMK teknologi dan informasi swasta di wilayah Jakarta Selatan.
|