ABSTRAK Sahabat Bancin. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Situasional dan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan kepuasan kerja guru di SMK Negeri Rayon Jakarta Pusat. Tesis: Program Pascas Sarjana Program Study Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) Terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (3) Terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal kepala sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Menengah Kejuruan kelompok Teknologi Rekayasa Rayon Jakarta Pusat( SMK N 1, SMK N 34, SMK N 39 dan SMK N 54) dengan jumlah guru seluruhnya adalah 134 orang. Dari jumlah populasi target tersebut kemudian penulis menghomogenkan menjadi populasi terjangkau sebanyak 119 orang khusus guru PNS . Selanjutnya penulis menggunakan rumus Slovin untuk menentukan populasi terjangkau sehingga jumlah guru yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 92 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan instrument yang berbentuk angket untuk tiga variabel, terdiri dari dua variabel bebas (independent) yaitu Gaya Kepemimpinan Situasional dan Komunikasi Interpersonal kepala sekolah dan satu variabel terikat (dependent) yaitu Kepuasan Kerja Guru. Hasil analisis mengungkapkan bahwa Pertama Terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? =69,30 + 0,63 X1 , dan koefisien korelasi ry1 = 0,70 signifikan pada ? 0,05. artinya 49% kepuasan kerja dipengaruhi gaya kepemimpinan Kedua Terdapat hubungan yang positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal kepala sekolah (X2) dengan Kepuasan Kerja Guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 18,77 + 0,94 X2 , dan koefisien korelasi korelasi ry2 = 0,89 signifikan pada ? 0,05. artinya 79,21 % kepuasan kerja dipengaruhi Komunikasi Interpersonal kepala sekolah . Ketiga Terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) dan komunikasi interpersonal kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 13,64 + 0,18 X1 + 0,80 X2 , dan koefisien korelasi ry12 = 0,66 signifikan pada ? 0,05. artinya 43,56 % kepuasan kerja dipengaruhi oleh Gaya Kepemimpinan Situasional dan Komunikasi Interpersonal kepala sekolah secara bersamaan.
|