Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh faktor determinan terhadap kepercayaan pasien BPJS pada pelayanan kesehatan di Puskesmas rawat jalan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Populasinya yaitu seluruh pasien BPJS yang berkunjung ke puskesmas Kayu Kunyit, Kota Manna, Pasar Manna dan Palak Bengkerung. Jumlah responden 164 orang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional dengan teknik non probability sampling (consecutive sampling). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Hasil uji bivariat (Chi-square) menunjukkan bahwa ada hubungan antara pekerjaan, jenis kepesertaan BPJS, mutu secara keseluruhan dan lima dimensi mutu (bukti nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) terhadap kepercayaan pasien (p value ≤ 0,05). Hasil Logistic Regression bahwa daya tanggap sebagai faktor dominan. Persepsi pasien tidak baik terhadap daya tanggap berpeluang 20,16 kali untuk tidak percaya terhadap pelayanan puskesmas rawat jalan dibandingkan pasien dengan persepsi baik (p value= 0,000; aOR=20,16; 95%CI: 4,83-84,09). Sedangkan jenis kepesertaan BPJS sebagai confounding.